Bibit Tanaman Buah Unggulan

Cara Menanam Bunga Aster dengan 4 Langkah Praktis

Cara Menanam Bunga Aster dengan 4 Langkah Praktis

Mengingatdi pasaran keinginan dapat bunga astertetap tinggi, dilengkapi masapanen singkat cuma satu th. denganharga jual masih mahal. Menjadikan banyakpebisnis melirik cara budidaya bunga aster.Cara tanam dan perawatan tanaman bersama dengan tinggi rata –rata 30 – 70 cm ini sebetulnya tidakcukup sukar lebih-lebih Andatanam di pot bunga.
Biladicermati sekilas, bunga aster agak mirip bungakertas dan bunga matahari dikarenakansesungguhnya berasal dari satu rumpun.Keluarga bunga aster sebenarnyamemiliki 600 style yangtersebar di seluruh dunia. Bentuk bunganya bersusunbersama banyak variasi warna,menjadi berasal dari putih, biru, ungu, danlain – lain dengan ciri khas, bagiah sedangbunga berwarna kuning.
DiIndonesia, dikarenakan pilihan warnanya yang variatif,menjadikan bunga aster anggota penting yangkudu ada di dalam komponenbunga karangan. Bahkan untuk mendapatkan bibitbunga aster dan menanamnya di pekarangan tempat tinggal sendiribukanlah hal yang sulit. Sebab bunga aster ini tidak mengenal musimuntuk berbunga, dan sanggup berbunga kapan sajabergantung umur fisik si tanaman.
JenisBunga Aster berdasarkan Warna Bunga
1.         Jenis Aster chinensistype Princes: mempunyaiwarna bunga merah muda, kuning muda, biru muda, biru tua dan putih.
2.         Jenis Aster chinensistype Amerika: punyawarna bunga biru muda, merah muda, merah tua, merah lembayung dan putih.
3.         Jenis Aster chinensis styleLiliput: mempunyai warna bunga merah muda, merahtua, biru dan putih.
4.         Jenis Aster chinensistype Giant Cornet:mempunyai warna bunga merah tua, merah muda, danputih
5.         Jenis Aster novae-angliae:miliki warna bunga hanya violet muda.
6.         Jenis Aster incises:punyai 2 warna bunga, yaitu violet dan agak kebiruan.
Menanambunga aster di pekarangan rumah bersama media tanam pot,sangat ringanditunaikan dan tidakperlu langkah tanam dan perawatan yang rumit. Sangat jauhtidak serupaapabilamenanam aster di dalam kuantitas banyak dan untukkeperluan bisnis. Berikut ini kita jelaskan langkahbudidaya bunga Aster:
Kamumampu menanam bunga Aster di mana saja. Namun, bunga Asteryang cantik terlampau cocok untukditanam di perkarangan rumah atau taman kecil depan rumah.Berikut ini adalah cara menanama bunga Aster di perkarangan rumah:
1.Media Tanam Bunga Aster
Samahalnya bersama dengan budidaya tanaman pada umunya,fasilitas tanam ini perlutanah, sekam, pupuk kandang bersama rasio 1:1:1. BilaAnda malas buat persiapansarana tanam ini, bahkanbilajijik dengan pupuk kandangnya, Andacukup singgah saja ke tokopertanian. Disana banyak menjajakan fasilitastanam berwujud kompos atausarana khusus untuk bunga yangditanam di pot. Tidak kudu ribet dandapat langsung dipergunakan.

2.Persiapan Pembibitan Bisa Melalui Benih atau Memperbanyak Tunas
Benihbunga aster bisa Anda dapatkan bersamadengan ringan di toko pertanian atau toko online yangmenjajakan bermacammodel bibit. Setelah Anda memperolehbibit, jangan langsung dipakai dahulu,dikarenakan benih ini kududisemai pada fasilitas persemaian yang terdiriberasal dari tanah, sekam, pupuk kandang bersama denganrasio perbandingan 1:1:1. Bisa terhitungfasilitas persemaian dibuat daricampuran tanah dengan pasir atau kompos halusbersama dengan perbandinga 1:1:1.
Setelahbenih disemai, benih bunga aster ini ditutup lagidengan fasilitas persemaian,namun jangan hingga menutupinyasangat tebal. Lantas langkahselanjutnya, Anda perlumelakukan penyiraman rutinuntuk melindungi kelembapan media.
Ketikabibit bunga aster sudah tumbuh dengansekurang-kurangnya daun 3 sampai 5 helai,selanjutnya Anda perlumemindahkan bibit bunga aster pada tempattanam yang permanen layaknya pot bunga atau polybag. Selainbersama media persemaian,ada kembali caramelakukan pembibitan yaknibersama memperbanyak bibit lewat tunas.Sebelumnya Anda perlu pilih tunasdari bunga aster yang sedikitnyaberumur 6 bulan. Cara ini memadai mudah,karena sesudah tumbuh anakan,Anda bisa langsung memindahkannyaterhadap media tanam permanen.
3.Proses Penanaman Bunga Aster

Pertumbuhanbunga aster butuh area tumbuhyang agak luas untuk menghasilkan tunas. Itulah mengapa, Andamembutuhkan wadah tanam besar untuk penanaman bibitini. Wadah tempat tanam pun sebelumnya mesti udah punya kandungan tanah, sekam, pupuk kandang ataukompos bersama dengan perbandingan 1:1:1sehingga benih bunga aster tumbuh subur.
Setelahitu tanam bibit bunga aster dalam posisi tegaksehingga akar tidak rusak dan gampangmenyebar. Dan tempatkan terhadaparea yang tidak terkena matahari secara segerasehingga bibitnya tidak cepat layu. Namunsetelah agak tumbuh subur dan keluartelah bisa beradaptasi, Andadapat memindahkannya pada areayang terkena sinar matahari langsung untuk sistemfotosintesis tumbuhan.
SebaiknyaAnda lakukan penanaman disaat pagi atau sore hari yang tidakada sinar terik matahari, agar tumbuhantidak cepat layu. Anda sanggup menyemprotkan Furadanpada tumbuhan aster kegunaanmenahan datangnya hama.
4.Proses Pemeliharaan Bunga Aster
Pemeliharaanbunga aster ini terbilang memadai mudah, dimana Andacukup menyiangi gulma,laksanakan penyiraman rutindan pemupukan.
Pupukyang dipakai mampu type pupukkandang, kompos ataupakai pupukNPK bersama dengan dosis penggunaan 5gram atau satu sendok makan per wadah tanam.
Andakudu rajin memangkas pucuk bunga asterselama 2 – 3cm supaya bisatumbuh cabang yang rimbun. Bila Anda malas melalukan pemangkasan, maka janganheranmisalnyabunga aster Anda bakal tumbuh tetap ke atas atautumbuh menjalar layaknya tanaman ubi.
5.Proses Penyiraman
Andamampu menyiram tanaman aster yang udahdewasa yaitu 2 kali di dalam sehari. Tepatnya pukul 9pagi juga 3 sore. Jangan sekali – kali menyiramdikala siang hari,sebab sanggup menggangguproses fotosintesis bunga aster, agar tanamanjadi kurang nutrisi.
6.Cara Menjaga Kelembaban Media Tanam
Ketikamenyiram bunga aster, pastikan Anda menyiramnya dengancukup air, jangan hinggaumumnya atau apalagi terlampausedikit.  Sebab, bunga aster initerlampau menyukai tumbuh diarea yang lembab danterlampau sensitif akankuantitas takaran air didalam tanah. Bila bunga aster kekurangan air, daun bunga aster jadi gampangrontok dan kehilangan nutrisi untuk pembentukan cabang.
7.Proses Pembungaan
Bungaaster tidak mengenal musim berbunga, dikarenakanbilatelah masuk ke masa fisiologinya,dengan sendirinya bunga aster dapatberbunga.
Supayaaster cepat berbunga, tersebut sebagian perihal yang dapat Andalakukan untukmendukung sistem pembungaan :
           Pastikan tanaman aster Andacukup terkena sinar matahari untuk sistemfotosintesis
           Bila kuncup bunga sudahterlihat, pastikan Anda memadai menyiramnyasupaya tanaman tidakcepat kekeringan
           Rajinlah memangkas daun astersupaya cabang tanamanya bertumbuh
           Anda sanggupberi tambahan pupukPhospor (P) untuk membantusistem pembungaan juga Kalium (K)agar bunga tidak cepat rontok.
MemberantasHama Bunga Aster
Carabudidaya aster sebetulnyalumayan mudah, namu harus diperhatikanhama yang barangkali mengganggu. Hama yangkerap menyerang tanaman aster yakni ulat minirder. Hama inimenyebabkan kerusakan daun asterbersamamembawa dampak lorongberliku – liku pada daun, sehingga daun menjadikering dan rontok. Untuk menanggulangi serangan ulatminirder yang nakal ini, Anda mesti menyemprotnyadengan insektisida Curacron 500EC atau Decis 2,5 EC.
Selainulat minirder, daun aster terhitung rawan dapatserangan cendawan Phythopthora sp. Hama ini bukan cuma menyerang daunsampai mengering kecokelatan hingga hitam,tapi terhitung merusak tanaman aster sampai menjadilayu dan mati busuk.
Jikaserangan cendawan Phythopthora sp ini masih tergolong dini, Andacukup potong anggota tanaman yangdi serang lantas bakar. Lainhaljikalauserangan cendawan Phythopthora sp ini telah membabi buta, Andawajib menyemprotkan fungisida Dithane M-45, Scrobat50WP, atau Kocide 77WP.


KapanWaktu Terbaik Memetik Bunga Aster?
Ketikabunga aster memasuki umur 3 – 4 bulan, Anda sanggupmemetiknya denganamat hati – hati.  Bunga aster dipetikkala 3 hari sebelum saat mekar penuh atau ketika kuntum bungatelah setengah mekar. Anda harusmemetiknya saat cuaca cerah, yakni pagihari atau sore hari.
Caramenuai aster tidak boleh asal petik pakaitangan, melainkanmemakaigunting pangkas, dengan cara memangkastangkai bunga aster sepanjang 50 – 70 cmbergantung type tanaman asteryang Anda tanam.
CaraMenjaga Kesegaran Bunga Aster Setelah Dipetik
Ada  masanya bunga aster yang Anda potongakan jadi cepat layu dan mengering. Supayakebugaran bunga aster selaluterjaga di pot hias, Anda perlumenyesuaikan keperluan nutrisinya.
Kebutuhannutrisi yang dimaksud disini yaitu kebutuhansumber makanan. Anda bisa sediakan gula pasir  untukmemenuhi keperluan sukrosa aster yang telahmenjadi bunga hiasan ini. Bunga aster yang dipajang itubutuh sukrosa 3 – 5 prosen saja.Jadi, Anda bisa larutkan gula pasir didalam 100 ml air dan tuangkan ke didalam pot hias yangberisi bunga aster tersebut.
Selaingula pasir, Anda juga mampumembeli pengawet bunga aster layaknya Florissant danChrysal AVB. Supaya kesehatan bunga aster dapatbertahan sepanjang 2 minggu di didalam pot di ruangantertutup sekalipun. Sebagai Info tambahan, bagi Anda yang hendakmenanam bunga aster yang cantik ini, usia tanam bunga aster hanyabertahan hingga dua tahun saja.
Untuklebih jelasnya, berikut ini adalah video caramenanam aster di pot bersama dengan baik dan benar:

Jadi,kecuali bunga aster Anda sudahmati sebab usia yang ditandaibersama dengan bunga telah tidak berbunga lagi,juga tanaman jadi cepat layu, Anda sanggupsegera mengganti tanaman aster ini bersama denganbibit yang pada mulanya sudah Anda semaiatau sanggup termasuk tunas bunga aster.
Bungaaster adalah bunga yang cantik dan benar-benarmudah untuk dibudidayakan baik di kebun atauperkarangan rumah dala pot. Itulah tadi penjelasanperihal cara budidaya bunga asterbeserta langkah perawatannya. Semoga artikel inimendukung Anda untukjadi menanam bunga aster tanpa keraguan.



Menyediakan berbagai macam bibit buah unggulan cepat berbuah, kualitas terjamin...
#### fast respon WA 0813 2686 6478 ####

PENANGANAN SETELAH PAKET TANAMAN DI TERIMA :

1. Buka penutup tanaman (koran) dan plastik pembungkus akarnya
2. Pindah tanam ke (Tanah, Pot, Polibag), ukuran pot/polibag ideal 40-50cm, media tanam bisa menggunakan tanah, sekam, pupuk kandang (1:1:1) kemudian di siram air secukupnya, berikan vitamin B1 supaya tanaman segera pulih atau sehat kembali setelah mengalami kondisi stres dalam perjalanan. ("vitamin B1 IPI" bisa dibeli di apotek, larutkan 2.tablet vit B1 kedalam 2liter air dan siramkan ke sekeliling media tanam).
3. Pindah di tempat teduh (teras rumah / di bawah pepohonan) selama proses pemulihan dan upayakan jangan kontak langsung dengan sinar matahari dan hujan. Siram air tanaman 2 kali dalam sehari untuk pagi dan sore hari.
4. Setelah muncul tunas baru, boleh di tempatkan di tempat panas (full sun).
5. Pemupukan sebaiknya di berikan 1 bulan setelah pindah tanam, tabur NPK mutiara 1/2 sendok teh ke media 1 (satu) bulan sekali.

Related Images with Cara Menanam Bunga Aster dengan 4 Langkah Praktis

Budidaya Bunga Aster di Pekarangan dengan Mudah

Budidaya Bunga Aster di Pekarangan dengan Mudah

Ichigo Ringo: Kenapa Aster??? Kenapa Krisant??? Kenapa Anyelir???

Ichigo Ringo: Kenapa Aster??? Kenapa Krisant??? Kenapa Anyelir???

Jual Bunga Aster Putih Tanaman Rancupid Tokopedia

Jual Bunga Aster Putih Tanaman  Rancupid  Tokopedia

tumbuhan2sehat: Keluarga Bunga Aster

tumbuhan2sehat: Keluarga Bunga Aster

Tidak Ada Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel